Balikpapan, Kota yang Tertata Rapi dengan Segudang Prestasi

Balikpapan adalah sebuah kota besar di Kalimantan Timur yang cukup terkenal karena memiliki segudang penghargaan dan menjadi tempat singgah yang menyenangkan. Kota yang mendapat predikat kota terbersih dengan piala Adipura sebanyak 18 kali ini memiliki sistem pengaturan kota yang baik serta pengelolaan limbah yang tidak kalah baiknya menggunakan teknologi terapan yan tepat guna.

 

Balikpapan memang pantas disebut sebagai kota besar di Indonesia yang pantas sebagai percontohan. Bagaimana tidak, Balikpapan menjadi salah satu kota di Indonesia yang mampu bersaing di kancah dunia. Selain mendapat predikat sebagai salah satu kota yang paling ‘lovable’ di dunia, Balikpapan juga memiliki bandara yang memiliki pelayanan terbaik ke 16 di dunia yang didasarkan pada sebuah survei yang dilakukan oleh ACI, alias Airport Council International setelah bersaing dengan kandidat 79 bandara yang ada diseluruh dunia. Adalah bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau biasa disingkat SAMS Sepinggan Balikpapan yang berhasil meraih peringkat tersebut. Peringkat ini mengungguli bandara Penang Malaysia,  bandara San Antonia Texas, dan bandara Bengaluru India. Perolehan peringkat ini tidak serta merta didapatkan. Perlu perjuangan dan kesiapan yang cukup matang untuk memperoleh capaian tersebut. Di tahun sebelumnya, bandara ini masuk diperingkat 221 untuk tahun 2012, dan naik 32 peringkat menjadi peringkat 191 pada tahun berikutnya, dan puncaknya pada tahun 2014, bandara ini mampu menduduki peringkat ke 16. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Tanpa usaha yang maksimal, capaian tersebut tentunya akan sulit didapatkan.

 

Selain mendapatkan peringkat 16 di dunia, bandara SAMS ini juga meraih prestasi di kancah asia dengan menduduki urutan ke 12 sebagai bandara dengan pelayanan terbaik di Asia serta peringkat pertama se Asia Tenggara. Peraihan ini tentunya didukung oleh pengembangan pembangunan infrastruktur yang memadai serta berbagai hal lainnya termasuk pengelolaan kepegawaian dan sebagainya. Kota besar lain di Indonesia dapat mencontoh kota Balikpapan dalam hal percepatan pembangunan agar menjadi kota yang nyaman dan layak huni bagi siapa saja. Kelengkapa fasilitas umum yang memadai serta perawatan jalan raya yang rutin sebagai salah satu cara pencegahan agar laju perekonomian tetap lancar.

 

Balikpapan sebagai salah satu kota yang strategis memberikan kenyamanan dalam menjalankan roda perekonomian. Dengan tersedianya dermaga, bandara, serta berbagai kendaraan darat yang siap mendistribusikan barang, Balikpapan menjadi kota yang siap untuk mensupport perekonomian warganya agar tetap hidup dan dapat berkembang. Seperti halnya Astra yang turut bertumbuh bersama dengan bangsa Indonesia. Inspirasi 60 tahun Astra menjadi salah satu titik tolak untuk memajukan perekonomian bangsa menjadi lebih maju lagi dengan mendukung kegiatan pemerintah dalam bidang pembangnan nasional yang berkesinambungan guna menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju, aman, serta sejahtera.

Leave a Reply