Alasan Mengapa Industri Kreatif di Surabaya Berkembang Pesat

Surabaya, sebuah kota metropolitan di pulau Jawa ini memiliki begitu banyak pesona dan potensi yang tersimpan. Selain menjadi salah satu kota terbesar di Jawa, Surabaya juga memiliki progress kemajuan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Salah satu aspek yang terlihat adalah dari bidang industri kreatifnya. Bisa dikatakan Surabaya ini merupakan kota yang potensial di bidang bisnis dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk berinvestasi dengan peluang yang menjanjikan. Tidak hanya bisnis dalam skala besar, industri kreatif khususnya industri rumahan juga mendapatkan peluang prospek yang sama besar di kota besar ini.

3 Hal yang Memajukan Kota Surabaya

Lantas, apa sih yang membuat industri kreatif di Surabaya mengalami perkembangan yang pesat?

  1. Kreativitas warga yang tiada batas. Masyarakat Surabaya di kenal memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, bisa dibuktikan melihat dari banyaknya jumlah industri kreatif yang berkembang di kota tersebut. Dalam hal ini, masyarakat Surabaya bisa memanfaatkan peluang dengan mengolah sesuatu menjadi hal yang bisa mendatangkan keuntungan. Sebagai contohnya, tanaman eceng gondok. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis tanaman satu ini adalah tanaman benalu atau gulma yang merusak. Namun eceng gondok ini dimanfaatkan oleh pelaku industri kreatif di Surabaya untuk kemudian di olah menjadi kerajinan tangan, seperti tikar, dompet, tas, hingga wallpaper. Alhasil, tanaman yang awalnya hanya menjadi pengganggu, kemudian bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi. Produk ini bahkan sudah berhasil masuk ke pasar Internasional dengan di ekspor ke luar negeri.
  2. Di dukung program unggulan dari pemerintah. Tingkat kreativitas masyarakat yang tinggi belum tentu bisa memiliki prospek yang cerah jika tidak di dukung oleh pemerintahnya. Hal ini tidak terjadi di Surabaya, di mana pemerintah daerah Surabaya sangat memfasilitasi potensi-potensi industri kreatif yang dikembangkan oleh masyarakatnya. Hal ini ditunjukkan melalui program-program unggulannya seperti kemudahan untuk memasukkan produk ke pasar nasional hingga Internasional.
  3. Support dari pihak eksternal juga berperan banyak. Selain mendapat banyak dukungan dari pemerintah, potensi industri kreatif di Surabaya juga kian mengalami perkembangan karena kontribusi dari pihak swasta. Salah satunya adalah perusahaan Astra yang berkontribusi melalui program bantuan dana untuk pelatihan dan pengembangan industri kreatif yang ada di Surabaya sebagai wujud dari inspirasi 60 tahun Astra.

Itulah alasan mengapa industri kreatif di Surabaya begitu berkembang pesat. Pada dasarnya ketiga faktor di atas memiliki peran yang vital dalam mengembangkan industri kreatif di sebuah daerah. Hal ini tentunya patut menjadi teladan bagi kota-kota lainnya di Indonesia untuk bisa terus mengembangkan industri kreatif yang dikembangkan oleh masyarakat di daerahnya dan membawanya hingga ke pasar Internasional.

Cara Unik Pengolahan Limbah di Surabaya

Salah satu permasalahan klasik yang banyak dialami di berbagai daerah di Indonesia adalah masalah limbah sampah.Permasalahan ini seringkali di anggap sebelah mata dan luput dari perhatian.Padahal dampak yang ditimbulkannya bisa sangat fatal, terutama pada lingkungan.Sumber utama dari permasalahan limbah sampah adalah kesalahan dalam segi pengolahannya, di mana masih banyak masyarakat maupun perusahaan yang memproduksi limbah namun tidak menerapkan manajemen pengolahan limbah yang seharusnya.Alhasil, banyak masalah yang bermunculan seperti masalah kerusakan lingkungan, bencana alam, hingga penyebaran wabah penyakit.

Pengelolaan Limbah Pemkot Surabaya

Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja.Sistem dan manajemen pengolahan limbah yang benar harus disosialisasikan terutama di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, hingga Surabaya.Pasalnya di kota-kota besar inilah tingkat produksi limbah jauh lebih tinggi. Untuk menanggulangi permasalahan limbah sampah, kota Surabaya dinilai sebagai kota di Indonesia yang memiliki sistem pengolahan limbah terbaik. Lalu, seperti apa sih strategi pemerintah Surabaya dalam menerapkan pengelolaan sampah dan limbah di kota besar tersebut? Hal ini dilakukan melalui program 3R atau ReduceReuse, dan Recycle.

  • Untuk mengurangi produksi limbah plastik, masyarakat Surabaya sudah mulai beralih dari kantong plastik ke paper bag hingga tote bag yang terbuat dari material kain dan kertas. Hal ini tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan plastik yang sulit terurai ketika sudah menjadi sampah. Berbeda halnya dengan material kertas dan kain yang bisa hancur lebih cepat dan tentunya tidak meninggalkan limbah untuk lingkungan sekitar.
  • Melalui program reuse ini masyarakat Surabaya dihimbau untuk bisa memanfaatkan sampah yang masih bisa layak guna, seperti sampah plastik, botol kaleng, dan jenis sampah lainnya yang bisa digunakan kembali. Hal ini penting guna mengurangi produksi limbah.
  • Terakhir, pada tahap recycle ini masyarakat Surabaya dihimbau untuk dapat mengolah sampah menjadi sesuatu yang layak guna. Limbah pada dasarnya bisa diolah kembali sehingga tidak mencemarkan lingkungan. Sebagai contoh, kini sudah banyak industri kreatif di Surabaya yang mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat seperti dompet, tas, dan kerajinan lainnya.

Dengan memaksimalkan program 3R dalam pengelolaan limbah sampah ini, tentunya dapat berpengaruh terhadap berkurangnya produksi limbah yang menjadi permasalahan klasik di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya pemerintah yang berperan penting dalam mensosialisasikan program pengolahan limbah yang tepat, namun dalam hal ini masyarakat dan pihak swasta juga memiliki peranan penting. Misalnya saja Astra, di mana perusahaan ini sudah berkontribusi dalam penerapan program Green Company yang tentu sangat disarankan pula untuk perusahaan-perusahaan lainnya. Dalam memberikan inspirasi 60 tahun Astra, perusahaan ini tidak hanya mengedepankan profit semata, tapi juga kelestarian lingkungan di sekitarnya.

Rahasia Surabaya Menjadi Kota dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Indonesia

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Surabaya banyak menjadi perhatian dari segi pemerintahan dan program-program unggulannya. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini memang banyak menjadi acuan daerah-daerah sekitarnya kaitannya untuk pengembangan di berbagai sektor, dari mulai sektor lingkungan, pariwisata, budaya, ekonomi, hingga ke sektor pendidikan. Sektor pendidikan di Surabaya merupakan salah satu sektor unggulan, di mana sistem pendidikan yang diterapkan di kota ini dinilai memiliki sistem pendidikan terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan masuknya kota Surabaya sebagai salah satu kota di organisasi Global Network of Learning Cities atau GNLC. Organisasi yang berada dalam naungan UNESCO ini melihat Surabaya sebagai kota teladan yang memiliki program pendidikan terbaik.

Lantas, ada program unggulan apa saja sih yang dimiliki Surabaya sehingga membuatnya sebagai kota dengan program pendidikan terbaik? Beberapa program unggulan pemerintah Surabaya kaitannya dalam sektor pendidikan di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan kualitas pengajar melalui beasiswa. Guna mencetak tenaga pengajar yang berkompeten dan berkualitas, pemerintah daerah Surabaya banyak menyediakan program beasiswa program master hingga doktor untuk para akademisi. Dengan menyediakan banyak peluang beasiswa ini tentunya akan semakin banyak tenaga pengajar yang berkualitas yang terbentuk, sehingga dapat membantu menciptakan peserta didik yang juga berkualitas.
  2. Wajib belajar 12 tahun. Dalam hal ini pemerintah daerah Surabaya memastikan bahwa masyarakat Surabaya bisa mendapatkan kemudahan akses pendidikan minimal 12 tahun atau hingga jenjang SMA/SMK. Hal ini diwujudkan dalam bentuk dukungan subsidi biaya pendidikan secara gratis.
  3. Perpustakaan mini di setiap RT atau RW. Untuk menerapkan budaya membaca sekaligus meningkatkan minat baca pada masyarakatnya, pemerintah daerah Surabaya mendirikan perpustakaan mini di setiap RT/RW di kotaSurabaya.
  4. Pelatihan bahasa Inggris. Pesatnya arus globalisasi, menuntut masyarakat Indonesia untuk mampu bersaing di skala global. Salah satu syaratnya tentu kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat penting. Dalam hal ini, pemerintah Surabaya memberikan pelatihan bahasa Inggris gratis yakni melalui official sites resminya yakni surabaya.co.id.

Itulah beberapa program unggulan pemerintah Surabaya dalam sektor pendidikan. Program-program tersebut di atas tentu patut untuk menjadi inspirasi bagi daerah lainnya di Indonesia, maupun di daerah lainnya. Tidak hanya pemerintah yang memiliki peran penting dalam mengembangkan sektor pendidikan, namun perusahaan swasta seperti Astra juga banyak memberikan kontribusi. Beberapa kontribusi yang diberikan oleh Astra di sektor pendidikan di antaranya adalah penyediaan beasiswa pendidikan, hingga pemberian donasi buku untuk perpustakaan mini sebagai bentuk dari inspirasi 60 tahun Astra. Program-program kaitannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan ini tentu penting untuk terus dikembangkan. Hal ini karena pengembangan sektor pendidikan akanberdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusianya, sehingga akan terbentuk masyarakat yang cerdas dan mampu mengembangkan daerahnya ke arah yang lebih baik.

Cara Kota Surabaya dalam Mengatasi Permasalahan Limbah Sampah

Permasalahan sampah memang tidak ada habisnya untuk di bahaskan. Di Indonesia sendiri, masalah ini sudah menjadi masalah turun temurun yang hingga saat ini masih banyak terjadi terutama di kota-kota besar. Sebut saja Jakarta dan Bandung, di mana banyak bencana alam seperti banjir dan longsor yang terjadi karena akibat dari sistem pengolahan limbah sampah yang tidak tepat. Bagaimana tidak? Jumlah penduduk yang padat di kawasan perkotaan tidak disertai dengan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan. Hal ini terlihat dari bagaimana cara mereka dengan sembrono membuang sampah tidak pada tempatnya, seperti di sungai, pinggir jalan, dan tempat-tempat lainnya.

Melihat kota-kota besar memiliki potensi terbesar kaitannya dalam produksi limbah sampah, tentu saja penting untuk pemerintah daerahnya dalam menerapkan manajemen pengolahan limbah yang tepat dan benar. Sebagai salah satu daerah yang patut untuk menjadi teladan kaitannya dalam manajemen pengolahan limbah, adalah kota Surabaya. Seperti yang kita ketahui, daerah yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur ini sama seperti kota-kota metropolitan lainnya yakni jumlah penduduk yang tinggi, dan menjadi kota tujuan perusahaan-perusahaan untuk membangun pabrik-pabrik yang juga memproduksi limbah. Alhasil, Surabaya tentu perlu untuk menerapkan sistem pengolahan limbah yang tepat agar permasalahan sampah bisa teratasi.

Manajemen Limbah ala Pemerintah Kota Surabaya

Lalu program apa yang dijalankan oleh pemerintah Surabaya dalam menerapkan manajemen pengolahan limbah yang tepat? Adalah program 3R yakni reduce, reuse, dan recycle.

  • Pemakaian plastik yang berlebihan tentunya sangat mengkhawatirkan, di mana sampah plastik ini menjadi salah satu jenis limbah yang berbahaya untuk lingkungan. Untuk mengurangi produksi limbah sampah plastik, pemerintah Surabaya menghimbau masyarakatnya untuk beralih dari menggunakan plastik menjadi tas yang lebih ramah lingkungan seperti paper bag atau tote bag. Program ini tentu sangat bermanfaat kaitannya untuk mengurangi produksi sampah plastik.
  • Dengan carareuse ini, masyarakat dihimbau untuk tidak lantas membuang barang yang sebenarnya masih bisa digunakan.
  • Dalam program recycle, limbah sampah yang sudah tidak terpakai bisa diolah kembali menjadi barang yang layak pakai bahkan punya nilai jual yang tinggi. Misalnya sampah plastik yang bisa diolah menjadi benda-benda kreatif yang saat ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku industri kreatif di Surabaya.

Itulah strategi 3R yang diterapkan pemerintah daerah Surabaya sebagai solusi pengolahan limbah. Tentu permasalahan limbah sampah adalah masalah yang tidak hanya perlu untuk ditanggulangi oleh satu pihak, melainkan semua elemen dari mulai masyarakat biasa, pemerintah, pun perusahaan-perusahaan swasta yang juga turut berkontribusi dalam produksi limbah. Seperti perusahaan Astra yang tengah menggaungkan tema inspirasi 60 tahun Astra, melalui programnya yakni Astra Green Company yang mengedepankan pelestarian lingkungan dalam proses pengambilan keputusannya.

Begini Cara Surabaya Kembangkan Sektor Kesehatan

Pemerintah daerah memiliki peran vital kaitannya untuk mengembangkan daerah dari berbagai sektor, dari mulai sektor budaya, pendidikan, ekonomi, hingga sektor kesehatan.Sektor kesehatan tentunya menjadi bagian yang paling penting, pasalnya kesehatan fisik maupun psikis menjadi kebutuhan manusia yang paling mendasar. Untuk mengembangkan sektor kesehatan ini, banyak program yang diluncurkan oleh pemerintah.Salah satu daerah yang memiliki program kesehatan terbaik adalah Surabaya.

Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun terakhir ini kota Surabaya memang mengalami progres yang cukup tinggi dalam berbagai aspek, salah satunya adalah dalam sektor kesehatan. Program-program yang diluncurkan oleh Dinkes Surabaya bahkan mendapat penghargaan dari MDG Awards di tahun 2013 lalu. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kota Surabaya memiliki program pengembangan sektor kesehatan yang cukup baik. Beberapa program tersebut di antaranya adalah:

  • Pelayanan pengobatan gratis bagi warga miskin. Untuk menciptakan kota Surabaya sebagai kota yang sehat, pemerintah Surabaya memiliki program pengobatan gratis ke puskesmas untuk masyarakat miskin. Dengan demikian, kini tidak ada lagi alasan bagi masyarakat miskin sekalipun untuk tidak pergi berobat ketika sakit. Untuk mendukung program pemerintah, perusahaan Astra juga turut berkontribusi dengan memberikan donasi biaya pengobatan bagi warga Surabaya yang membutuhkan sebagai wujud dari inspirasi 60 tahun Astra.
  • E-Health. Program ini merupakan program pemerintah Surabaya yang memudahkan warganya dalam melakukan registrasi dan pemeriksaan dengan memanfaatkan media online. Program E-health ini terwujud dalam bentuk aplikasi yang bisa di unduh secara gratis oleh warga kota Surabaya. Melalui aplikasi ini mereka bisa mengetahui rekam medis sekaligus melakukan registrasi online ketika akan melakukan pemeriksaan sehingga tidak perlu mengantre di rumah sakit ataupun di beberapa fasilitas kesehatan lainnya.
  • Pengembangan fasilitas kesehatan. Jumlah fasilitas kesehatan berupa rumah sakit besar dengan disertai fasilitas terlengkap saat ini sudah ada 50 rumah sakit di Surabaya. Selain itu, ada juga fasilitas kesehatan lainnya yakni 62 unit laboratorium kesehatan, 58 puskesmas, hingga klinik pengobatan herbal maupun medis yang tersebar di berbagai penjuru kota Surabaya.
  • Kelompok KB Pria Vasektomi. Program ini dibentuk atas dasar pentingnya penggunaan alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan intim. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan para kaum perempuan karena yang menggunakan alat kontrasepsi adalah pria.

Itulah beberapa program kesehatan unggulan yang dimiliki oleh pemerintah Surabaya, di mana program-program kesehatan tersebut masih dikembangkan hingga saat ini. Pengembangan di sektor kesehatan memang sangat penting untuk terus ditingkatkan, melihat kesehatan menjadi kebutuhan paling dasar pada manusia. Sehat adalah hak setiap orang, sehingga pemerintah maupun semua elemen masyarakat wajib untuk turut meningkatkan program-program kesehatan yang ada guna menciptakan masyarakat yang sehat dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Leave a Reply